Bitcoin Kembali Naik Setelah Halving, Apa Penyebabnya?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Bitcoin kembali bergerak naik setelah Bitcoin Halving resmi terjadi pada 20 April 2024, mengejutkan para penanammodal dan trader nan memprediksi bahwa Bitcoin bakal turun setelah halving. 

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kondisi volume transaksi di Blockchain Bitcon nan meningkat drastis. 

Bitcoin Kembali Naik Setelah Halving

Bitcoin terlihat kembali bergerak naik setelah halving terjadi, mengecoh kebanyakan penanammodal dan trader nan memprediksi bahwa Bitcoin bakal turun setelah halving terjadi. 

Kondisi ini terjadi lantaran adanya peningkatan dalam volume transaksi di Blockchain Bitcoin nan didukung oleh transaksi meme serta transaksi Runes. 

Setelah ketidakpastian dari Bitcoin Halving selesai, kebanyakan trader terlihat kembali aktif untuk memanfaatkan kesempatan narasi baru di ekosistem Bitcoin. 

Narasi ini adalah Runes dan meme nan kemungkinan bakal menjadi dua narasi terbesar di ekosistem Bitcoin menuju bull market nan diprediksi terjadi di Tahun 2025. 

Narasi Runes menjadi narasi nan paling dominan lantaran diprediksi bakal memberikan volume transaksi tambahan untuk Bitcoin. 

Para analis memprediksi bahwa Runes bakal memberi sentimen layaknya Ordinals pada masa awalnya, sehingga saat ini banyak nan membeli Runes dengan angan mendapatkan untung nan sama dari narasi Ordinals di awal tahun. 

Runes sendiri adalah standar token baru di ekosistem Bitcoin nan diprediksi bakal menggantikan standar BRC20. 

Runes sendiri diprediksi bakal meningkatkan jumlah token dan proyek baru nan ada di Blockchain Bitcoin, secara langsung meningkatkan volume transaksi di ekosistem Bitcoin. 

Hasilnya adalah potensi peningkatan pembelian Bitcoin sehingga dapat mendorong kebanyakan pasar crypto untuk bergerak naik.

Ditambah lagi, dengan adanya Runes, ada kemungkinan munculnya proyek-proyek baru di ekosistem Bitcoin seperti proyek meme. 

Meme sendiri telah terbukti menjadi pendorong volume terkuat untuk sebuah blockchain, oleh lantaran itu kondisi saat ini tetap positif.

Kondisi positif ini, ditambah dengan meredanya sentimen negatif eksternal, membikin para trader Bitcoin percaya bahwa Bitcoin bakal bergerak naik, sehingga mendorong volume beli secara menyeluruh. 

Analisis Harga Bitcoin

Walau begitu, untuk saat ini Bitcoin tetap terlihat bergerak volatil lantaran harganya sedang berada di tengah area konsolidasi besarnya sehingga dapat secara mendadak bergerak turun. 

Narasi negatif besar lain nan kemungkinan kembali berakibat adalah aspek makroekonomi dan geopolitik nan kemungkinan bakal secara mendadak mendorong pasar finansial untuk turun. 

Dari sisi Bitcoin sendiri, saat ini terdapat narasi negatif ialah pembayaran Bitcoin kepada para korban Mt Gox, nan nampaknya sudah mulai didistribusikan. 

Kondisi ini dapat mendorong narasi negatif baru dari korban-korban nan bakal mencairkan Bitcoin demi mendapatkan tukar rugi dari kasus penipuan tersebut. 

Selain itu, narasi negatif saat ini tetap berputar di sekitar narasi Bulan Mei, dimana umumnya, Bulan Mei merupakan waktu nan negatif untuk transaksi crypto.

Untuk saat ini pasar tetap relatif tenang sehingga ada kemungkinan Bitcoin bisa mempunyai kesempatan untuk bergerak naik. 

Grafik Harian BTCUSD

Jika memandang diagram hariannya, ada kemungkinan hari ini Bitcoin bakal bergerak turun lantaran mengalami pembukaan perdagangan dengan candlestick merah. 

Secara menyeluruh, trend pergerakan nilai pekan ini tetap positif karen akhir pekan lampau dimana Bitcoin naik dari area pemisah bawah konsolidasinya. 

Kemungkinan besar, Bitcoin bakal naik ke wilayah $70.000 jika tidak ada sentimen negatif dadakan, namun dalam jangka panjang hingga akhir tahun ada kemungkinan koreksi dan konsolidasi. 

Dari diagram bulanannya, saat ini candlestick April tetap terlihat merah, dengan pola bearish nan tercipta dengan Maret, sehingga membuka kemungkinan koreksi di bulan depan. 

Koreksi ini juga didukung oleh konfirmasi dari parameter RSI nan memperlihatkan bearish divergence, sehingga memperbesar kemungkinan koreksi. 

Oleh lantaran itu, untuk saat ini trader dan penanammodal diharapkan waspada sehingga dapat meminimalisir akibat volatilitas nan bakal datang. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Crypto Harian
Crypto Harian